Wednesday, June 07, 2006

Gerakan Kebersihan di Pura Uluwatu

Sesuai dengan program kerja IHKA Bali untuk tahun 2006, yang salah satunya adalah melakukan gerakan kebersihan di pura yang juga merupakan objek wisata, maka pada hari Minggu tanggal 28 Mei 2006 IHKA Bali mengadakan gerakan kebersihan di Pura Uluwatu.

Pura Uluwatu sendiri berlokasi di desa Pecatu, Jimbaran, Denpasar Selatan. Pura ini adalah salah satu dari Pura Sad Khayangan yang merupakan pura peninggalan Dang Hyang Dwijendra. Berdiri di cerukan tanah karang yang menjorok ke laut selatan, pura ini mempunyai view yang sangat mentakjubkan. Oleh karena itulah pura yang di sekitarnya banyak dihuni kera ini banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan terutama bagi mereka yang ingin menyaksikan sun set yang spektakuler.

IHKA Bali memilih untuk ngaturang Ayah mereresik di pura ini dengan pertimbangan bahwa di Pura ini telah dilaksanakan upacara petirtan yang berakhir pada hari Sabtu, 27 Mei 2006. Oleh karena itu sudah barang tentu banyak sekali sampah yang perlu ditangani segera supaya keberadaan pura kembali terlihat bersih dan asri sebagai salah satu objek wisata.

Para peserta dari berbagai hotel di seluruh Bali yang jumlahnya mencapai ratusan sudah mulai berdatangan sekitar pukul 7;30 pagi mendahului undangan panitia yang direncanakan jam 08;00 pagi. Ini menunjukan begitu antusiasnya semua anggota dalam ngaturang ayah dan mensukseskan program organisasi. Dengan mengenakan pakaian adat madya para peserta datang dengan kendaraan yang disiapkan oleh masing masing hotel maupun kendaraan pribadi.

Gerakan kebersihan ini dimulai tepat pukul 08;00 pagi dimulai dari Jaba pura (area Luar termasuk parkir) sampai ke Jeroan (area utama) dan diakhiri dengan persembahyangan bersama yang diikuti oleh para peserta yang beragama Hindu. Teman - teman yang non Hindu pun banyak yang ikut berdoa bersama.

Kegiatan ini diakhiri dengan makan siang bersama yang merupakan sumbangan dari para partner kerja seperti Calmic, EMS, Bina Resik, Johnson diversey, Teknochem, Delta Satria, UD Hins (Distributor Kimberly tissue).

Pengurus IHKA Bali mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada para vendor yang telah mendukung acara ini sehingga acara ini bisa berjalan dengan lancar. Di samping itu pengurus juga mengucapkan terima kasih yang sebesar- besarnya kepada semua hotel yang telah mengirimkan peserta pada kegitan ini karena tanpa partisipasi dari anggota maka kegiatan ini tidak akan bisa terlaksana. Ucapan terima kasih yang tak terhingga disampaikan kepada hotel sebagai berikut:

Seminyak Area
1. Resort Seminyak
2. The Legian
3. The Vira
4. The Dusun
5. Bali Sani Suites
6. Seminyak Suites
7. The Semaya
8. Bali Padma
9. Bali Mandira

Kuta Area
1.Risata
2. Candi Pala
3. Santika
4. Jatra
5. Patra Bali
6. Holiday Inn
7. Harris
8. Aston in
9. Bali Rani
10 Ramada Resort


Nusa Dua Area :
1.Melia
2. Nusa Dua Beach
3. Sheraton Laguna
4.Bali Hilton
5. The Bale
6. Niko
7.Westin
8. Conrad

Karangasem :
1.Amankila
2. Candi Beach

Sanur Area :
1.Mercure Sanur
2. Parigata
3. Puri Santrian

Jimbaran Area :
1.Bali Intercontinental
2. Four season, Jimbaran
3 Ritz Carlton


Selain dicover oleh media cetak seperti "Bali Post" kegiatan kita ini juga diliput oleh 2 stasiun TV yang ada di Bali yaitu TVRI Denpasar dan "BaliTV" dan disiarkan pada sore harinya pada acara berita Seputar Bali.

2 Comments:

At 11:33 AM, Anonymous Anonymous said...

Greets to the webmaster of this wonderful site! Keep up the good work. Thanks.
»

 
At 6:32 PM, Anonymous Anonymous said...

Keep up the good work. thnx!
»

 

Post a Comment

<< Home